Resep Memasak Carbonara Ala Pro Chef

Anda pasti akan banyak sekali menemukan adanya menu ala Italia di restoran di dekat kota Anda. Salah satu menu andalan yang banyak dicari oleh konsumen adalah spaghetti carbonara. Namun, menu yang satu ini memang selalu dipasarkan dengan harga yang tinggi. Saat sedang jauh dari tanggal gajian dan perlu untuk berhemat, maka Anda dapat membuat sendiri dengan mengikuti resep memasak carbonara ini.

resep spaghetti carbonara

Bahan-Bahan Membuat Carbonara

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat carbonara akan mudah dicari di supermarket di kota Anda. Ada berbagai macam brand yang bisa pilih sesuai dengan keinginan Anda. Walaupun memang setiap brand menawarkan cita rasa yang berbeda, tetapi Anda tetap akan dapat mendapatkan rasa yang enak dengan mengikuti takaran bahan-bahan dalam menggunakan resep memasak carbonara.

  1. 350 gram pasta
  2. 1 liter air
  3. 1 sendok makan minyak kelapa sawit
  4. 1 sendok makan minyak zaitun
  5. Garam secukupnya
  6. 3 sendok minyak zaitun
  7. 150 gram bawang Bombay
  8. 5 siung bawang putih
  9. 300 ml susu cair
  10. 80 ml thickened cream
  11. 30 gram cream cheese
  12. 1 butir telur ayam
  13. 1 sendok teh merica bubuk
  14. 200 gram smoked beef
  15. Daun peterseli

Cara Memasak Carbonara

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memasak pasta dari menu spaghetti carbonara. Masukkan air mentah ke dalam panci dan panaskan. Masukkan 1 sendok teh garam dan juga minyak zaitun. Aduk terus sampai merata. Tunggu hingga air mendidih. Masukkan pasta sampai matang yang ditandai dengan sudah kenyal. Angkat dan tiriskan.

Tuang minyak zaitun ke dalam panci yang berbeda untuk menumis. Panaskan minyak zaitun tersebut sampai bisa digunakan untuk menumis bumbu. Sambil menunggu minyak zaitun panas, maka Anda perlu untuk mencincang bawang putih dan bawang Bombay. Masukkan bawang putih dan juga bawang Bombay dan tumis sampai mengeluarkan bau harum.

Kocok telur ayam sampai menyatu antara bagian yang berwarna transparan dengan yang berwarna kuning. Masukkan susu cair, thickened cream, telur kocok, 1 sendok teh garam, dan merica. Anda perlu untuk cepat-cepat mengaduknya untuk mencegah telur menggumpal. Saus carbonara sudah jadi.

Tuang minyak kelapa sawit ke dalam panci tumis lainnya. Panaskan minyak tersebut. Sambil menunggu minyak panas, maka Anda perlu untuk memotong smoked beef secara memanjang. Bagian ini akan digunakan sebagai hiasan dalam penyajian carbonara, sehingga Anda perlu memotongnya memanjang untuk terlihat indah. Banyaknya dari daun peterseli yang akan digunakan sesuai dengan selera Anda.

Anda yang tidak terlalu menyukai daun Peterseli, maka Anda bisa menggunakannya sebanyak 2 helai daun saja. Saat minyak sudah panas, masukkan smoked beef dan tumis.

Angkat tumisan smoked beef dan tiriskan. Iris daun peterseli secara memanjang juga, sehingga dapat disajikan bersamadengan smoked beef secara indah. Masukkan pasta ke dalam mangkuk saji. Tuang saus carbonara ke dalam mangkuk berisi pasta. Hiasi dengan menggunakan tumisan smoked beef. Taburkan dengan irisan daun peterseli.

Carbonara siap untuk disajikan dan paling enak dimakan saat sedang hangat. Resep memasak carbonara yang satu ini sangat mudah untuk diikuti bukan. Anda juga akan dapat mengganti bagian pasta yang Anda pilih berdasarkan bentuknya. Beberapa bentuk pasta lainnya yang sangat menarik adalah Bow Tie dan juga pappardelle pasta.

Untuk variasi lainnya bisa juga melihat video memasak Fettucine Carbonara berikut ini:

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: